Minggu, 09 Desember 2012

Testimoni Observasi


Observasi yang saya lakukan pada tanggal 05 Desember 2012, berlangsung dengan sukses. Awalnya sedikit grogi untuk masuk kesana dan sedikit bimbang jika kelas yang saya masuki guru dan siswanya kurang welcome dengan kehadiran kami dikelas. Namun kebimbangan saya tersebut terpatahkan setelah saya memasuki kelas tersebut ternyata siswa-siswanya dan guru yang sedang mengajar sangat welcome menyambut kedatangan kami. Saya dan temen observer saya pun dipersilahkan masuk dan duduk diantara siswa-siswa tersebut. Kebetulan saat saya masuk keruangan tersebut para siswa sedang maju satu persatu ke depan kelas untuk menyetor hapalan yang telah diberikan guru sebelumnya ketika diawal masuk kelas.
Kondisi kelas saat itu sangat ribut dan mungkin saja dikarenakan mereka pada saat itu hanya melakukan hapalan sehingga mengakibatkan kelas tersebut benar-benar bising. Namun kenyakan mereka yang ribut bukan karena menghapal yang telah diberikan guru. Tapi hampir setengah siswa ribut karena mengobrol dengan teman yang duduk berada disampingnya sambil tertawa-tawa, dan bahkan sampai ada yang tidur dan guru tidak menyadari hal itu karena sibuk mendengarkan siswa yang maju kedepan menyetor hapalannya.
Selain kondisi kelas yang sangat ribut, kelas yang saya masuki juga cukup kotor lantainya dan banyak nyamuknya, sampai-sampai saya sedikit terganggu dengan nyamuk-nyamuk nakal yang telah menggigit saya pada waktu mengobservasi J. Kelas yang kecil dan pengap juga menjadi kendala slama saya melakukan observasi. Karena AC yang dinyalakan hanya satu dan itu tidak berfungsi dengan baik L.
Kritik saya untuk observasi ini tidak ada, bahkan observasi ini sangat baik dilakukan untuk lebih memahami proses belajar disekolah-sekolah. Dan ada baiknya jika lebih banyak sekolah-sekolah yang dikunjungi untuk lebih menunjang ilmu pengetahuan dan lebih memahami bagaimana proses belajar mengajar yang ada disetiap sekolah tanpa hanya harus ke sekolah yang menggunakan media e-learning tetapi keberbagai macam sekolah yang menggunakan media pembelajaran yang berbeda.
Sedikit kritik buat sekolahnya, ada baiknya sekolah tidak menggunakan pintu atau dinding kaca. Karena itu akan mengganggu konsentrasi belajar siswa, karena mereka dapat melihat siapa saja yang melewati depan kelas tersebut dan itu akan mengganggu aktivitas belajar mengajar. Dan kelas yang berukuran kecil ada baiknya jika siswanya tidak berjumlah banyak, karena kondisi tersebut kelas terlihat sempit dan udara dikelas sangat panas atau pengap. Terima kasih dan maaf saya jika sedikit menyinggung atau bahkan sangat menyinggung sekolah yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates