Rabu, 10 Oktober 2012


Kreativitas Dengan Teori Skinner
 
Perkuliahan hari ini lucu tapi menarik bagi saya karena metode belajar seperti ini baru pertama kali saya alami. Perkuliahan pun dimulai Pada saat dosen masuk kelas dan mengatakan untuk duduk berselang atau berjarak satu bangku dari teman. Awalnya semua mengira akan diadakan kuis dadakan oleh dosen sehingga semua mahasiswa pun sibuk membereskan barang-barangnya dan mengambil selembar kertas, tapi dosen melihat hal itu tersenyum karena kami semua mengira akan diadakan kuis, tetapi ternyata tidak ada kuis hari ini dan  kami diberikan 3 stimulus oleh dosen yaitu berupa 3 macam kertas yang ukurannya berbeda-beda. Stimulus yang pertama berupa kertas HVS, kedua kertas kecil yang sedikit panjang, ketiga berupa kertas sertifikate yang ukurannya tidak terlalu besar. Dosenpun mengatakan alat yang hanya boleh kami gunakan hanya berupa alat tulis dan buku psikologi belajar serta waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas tersebut hanya 30 menit saja, dan proses perkuliahannya tanpa ada diskusi dengan teman.
Kami pun diberikan tugas oleh dosen dengan mengerjakan sesuatu yang sekreatif mungkin dengan menggunakan 3 stimulus yang telah diberikan. Awalnya saya pun bingung kreatif seperti apa yang diinginkan dosen, dan hal itu membuat saya kebingungan dan melihat teman-teman yang ada disamping saya sedang lagi apa, tetapi setelah saya perhatikan dan bertanya ternyata mereka juga bingung dengan tugas yang diberikan dan harus di apakan 3 stimulus yang telah diberikan. Akhirnya saya pun menggunakan 3 stimulus yang diberikan tersebut dengan membuta perahu kertas dari kertas HVS, gambar rumah dan terdapat anak-anak yang sedang bermain engklek, sedangkan kertas yang berukuran kecil tersebut saya melipat-lipatnya hingga akhirnya berbentuk segi empat. Dari hasil pengerjaan dari stimulus yang dierikan oleh dosen akan dipilih 3 terbaik pengerjaannya dari kelompok A dan kelompok B, jadi masing-masing ada 6 orang yang akan dipilih dan mendapatkan hadiah dari dosen.
Berdasarkan proses perkuliahan hari ini dapat juga dijelaskan dengan menggunakan teori Skinner. Jika dilihat berdasarkan defenisi belajar dari Skinner mendefenisikan belajar sebagai perubahan perilaku. Dimana dalam proses perkuliahan hari ini yaitu focus dalam pengerjaan ketiga stimulus tersebut tidak hanya pada materi atau isi dari buku psikologi belajar tetapi juga berfokus pada kreatifitas atau kecakapan kita dalam mengerjakan stimulus yang telah diberikan untuk menjadi sesuatu yang menarik.
Selain dapat dijelaska berdasarkan defenisi dari Skinner, hal ini juga dapat dijelaskan berdasarkan klasifkasi umum penguat, yakni :
1.  Penguat primer dan sekunder à Penguat primer adalah penguat yang memperkuat perilaku tanpa pelatihan (pengkondisian) dan penting bagi survival spesies. Sedangkan penguat skunder adalah penguat yang memperkuat perilaku melalui asosiasi dengan penguat primer atau penguat sekunder yang sudah ada. Misalnya; dari proses perkuliahan ini 3 stimulus yang diberikan kepada mahasiswa yang berupa 3 macam kertas yang berbeda ukuran tersebut merupakan penguat primer, sedangkan penguat sekunder yaitu dari 3 stimulus yang telah diberikan tersebut kami diberi tugas untuk mengerjakan sesuatu yang sekreatif mungkin dengan menggunakan stimulus yang telah diberikan.
2.    Penguat umum atau digeneralisasikan à Penguat ini efektif dalam berbagai macam situasi; diantaranya penguat social yang diberikan orang lain dan manipulasi lingkungan fisik dengan sukses. Misalnya; saya yang awalnya tidak mengerti untuk melakukan apa terhadap stimulus yang telah diberikan tetapi pada akhirnya saya dapat mengerjakan sesuatu dengan menggunakan 3 stimulus yang telah diberikan.
3.     Penguat positif atau negatif à Penguat positif adalah tambahan dari situasi mereka. Sedangkan  penguat negative adalah memperkuat perilku melalui penghentian atau penghilangan dari situasi. Misalnya; seperti yang telah saya katakana sebelumnya akan dipilih 3 yang terbaik dari kelompok A dan kelompok B, dari 6 orang yang terbaik tersebut akan diberikan hadiah dan hadiah tersebut merupakan penguat positif. Sedangakan penguat negatif dalam proses perkuliahan hari ini tidak ada diberikan penguat negatif.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates