Perkuliahan
hari ini lucu tapi menarik bagi saya karena metode belajar seperti ini baru
pertama kali saya alami. Perkuliahan pun dimulai Pada saat dosen masuk kelas
dan mengatakan untuk duduk berselang atau berjarak satu bangku dari teman.
Awalnya semua mengira akan diadakan kuis dadakan oleh dosen sehingga semua
mahasiswa pun sibuk membereskan barang-barangnya dan mengambil selembar kertas,
tapi dosen melihat hal itu tersenyum karena kami semua mengira akan diadakan kuis,
tetapi ternyata tidak ada kuis hari ini dan
kami diberikan 3 stimulus oleh dosen yaitu berupa 3 macam kertas yang
ukurannya berbeda-beda. Stimulus yang pertama
berupa kertas HVS, kedua kertas kecil
yang sedikit panjang, ketiga berupa
kertas sertifikate yang ukurannya tidak terlalu besar. Dosenpun mengatakan alat
yang hanya boleh kami gunakan hanya berupa alat tulis dan buku psikologi
belajar serta waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas tersebut hanya 30
menit saja, dan proses perkuliahannya tanpa ada diskusi dengan teman.
Kami
pun diberikan tugas oleh dosen dengan mengerjakan sesuatu yang sekreatif
mungkin dengan menggunakan 3 stimulus yang telah diberikan. Awalnya saya pun
bingung kreatif seperti apa yang diinginkan dosen, dan hal itu membuat saya
kebingungan dan melihat teman-teman yang ada disamping saya sedang lagi apa,
tetapi setelah saya perhatikan dan bertanya ternyata mereka juga bingung dengan
tugas yang diberikan dan harus di apakan 3 stimulus yang telah diberikan.
Akhirnya saya pun menggunakan 3 stimulus yang diberikan tersebut dengan membuta
perahu kertas dari kertas HVS, gambar rumah dan terdapat anak-anak yang sedang bermain
engklek, sedangkan kertas yang
berukuran kecil tersebut saya melipat-lipatnya hingga akhirnya berbentuk segi
empat. Dari hasil pengerjaan dari stimulus yang dierikan oleh dosen akan
dipilih 3 terbaik pengerjaannya dari kelompok A dan kelompok B, jadi
masing-masing ada 6 orang yang akan dipilih dan mendapatkan hadiah dari dosen.
Berdasarkan
proses perkuliahan hari ini dapat juga dijelaskan dengan menggunakan teori
Skinner. Jika dilihat berdasarkan defenisi belajar dari Skinner mendefenisikan
belajar sebagai perubahan perilaku. Dimana dalam proses perkuliahan hari ini
yaitu focus dalam pengerjaan ketiga stimulus tersebut tidak hanya pada materi
atau isi dari buku psikologi belajar tetapi juga berfokus pada kreatifitas atau
kecakapan kita dalam mengerjakan stimulus yang telah diberikan untuk menjadi
sesuatu yang menarik.
Selain
dapat dijelaska berdasarkan defenisi dari Skinner, hal ini juga dapat
dijelaskan berdasarkan klasifkasi umum penguat, yakni :
1. Penguat primer dan sekunder à
Penguat primer adalah penguat yang memperkuat perilaku tanpa pelatihan
(pengkondisian) dan penting bagi survival spesies. Sedangkan penguat skunder
adalah penguat yang memperkuat perilaku melalui asosiasi dengan penguat primer
atau penguat sekunder yang sudah ada. Misalnya;
dari proses perkuliahan ini 3 stimulus yang diberikan kepada mahasiswa yang
berupa 3 macam kertas yang berbeda ukuran tersebut merupakan penguat primer,
sedangkan penguat sekunder yaitu dari 3 stimulus yang telah diberikan tersebut
kami diberi tugas untuk mengerjakan sesuatu yang sekreatif mungkin dengan
menggunakan stimulus yang telah diberikan.
2. Penguat umum atau digeneralisasikan à
Penguat ini efektif dalam berbagai macam situasi; diantaranya penguat social
yang diberikan orang lain dan manipulasi lingkungan fisik dengan sukses.
Misalnya; saya yang awalnya tidak mengerti untuk melakukan apa terhadap
stimulus yang telah diberikan tetapi pada akhirnya saya dapat mengerjakan
sesuatu dengan menggunakan 3 stimulus yang telah diberikan.
3. Penguat positif atau negatif à
Penguat positif adalah tambahan dari situasi mereka. Sedangkan penguat negative adalah memperkuat perilku
melalui penghentian atau penghilangan dari situasi. Misalnya; seperti yang
telah saya katakana sebelumnya akan dipilih 3 yang terbaik dari kelompok A dan
kelompok B, dari 6 orang yang terbaik tersebut akan diberikan hadiah dan hadiah
tersebut merupakan penguat positif. Sedangakan penguat negatif dalam proses
perkuliahan hari ini tidak ada diberikan penguat negatif.
0 komentar:
Posting Komentar