Selasa, 18 Desember 2012

Bocah Cabut Rambut dan Alis Hingga Menipis

Riverdale, Iowa – Akibat mengalami gangguan OCD, rambut dan alis anak berumur 11 tahun habis dicabuti sendiri. OCD atau Obsessive-Compulsive Disorder merupakan gangguan mental dan pikiran terhadap ketakutan yang tidak masuk akal sehingga membuat penderitanya melakukan perilaku yang berulang-ulang.
Max Sherwood, seorang bocah 11 tahun mengalami gangguan psikologis trichotillomania sehingga membuat rambutnya mengalami kebotakan. Gangguan ini merupakan jenis obsessive compulsive disorder yang mengakibatkan ia suka mencabuti rambutnya sendiri.
Perilaku ini dilakukan sejak kelas 2 SD, ia memulainya dengan mencabut alis matanya di dalam kelas. Orangtua dan gurunya tidak mengetahui hal ini sampai terlihat alis matanya benar-benar hilang.
Bahkan hal ini semakin parah dengan merambat pada rambut di kepala. Hingga akhirnya rambut kepalanya pun menipis.
Setelah Orangtua berkonsultasi dengan organisasi Hair Club for Kids, Cancade, ibu anak itu mendapatkan rambut palsu yang khusus untuk Max. Rambut buatan ini dibuat semi-permanen dan tidak bisa dicabut.
Dr Martin Franklin, seorang psikolog dari University of Pennsylvania mengatakan trichotillomania bisa disebabkan adanya kegelisahan dan depresi. Bahkan ada ada juga yang melakukannya karena bosa dengan aktifitas yang tidak disukai.
Cara mengatasi gangguan obsessive compulsive disorder adalah dengan melakukan terapi perilaku (behavior therapy). Pada terapi yang akan dilakukan adalah untuk mengalihkan perhatian anak untuk melakukan sesuatu hal lain.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates