Rabu, 14 November 2012

Tugas Individu, 14 November 2012



Permasalahan :
"Mengapa mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan?". Masing-masing orang silahkan dianalisis dengan teori Gagne, Piaget dan Bandura.

Analisis Teori :

1.      Teori Gagne
Tiga variasi belajar yang diidentifikasi oleh Gagne adalah kapabilitas kognitif. Varian itu adalah informasi verbal, keterampilan intelektual, dan strategi kognitif.
Informasi verbal. Informasi ini mengacu pada akuisisi label,fakta, memilih teks yang koneksi secara bermakna, dan mengorganisasikan bagian-bagian informasi. Hasil dari informasi adalah menyatakan informasi. Sehubungan dengan permasalahan diatas mengapa mahasiswa sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup dengan adanya rencana melakukan observasi di lapangan, mungkin saja dikarenakan kurangnya informasi yang didapat oleh mahasiswa dan bisa saja beberapa mahasiswa yang mengetahui informasi mengenai postingan tersebut tidak menyebarluaskan informasi tersebut kepada mahasiswa-mahasiswa lain yang mengambil mata piskologi belajar. Dan bisa saja dikarenakan informasi yang diposting berketepatan pada saat persiapan UTS, sehingga sebahagian besar mahasiswa tidak membuka facebook dan tidak mengetahui informasi postingannya.
Keterampilan intelektual adalah merespon situasi yang berbeda dengan memanipulasi simbol seperti huruf, angka, rumus dan kata. Berbeda dengan informasi verbal, keterampilan intelektual tidak dapat dipelajari hanya dengan mendengar atau mencari informasi. Sebaliknya pemelajar merespon situasi dengan memanipulasi symbol dengan berbagai macam cara.
Strategi kognitif. Objek dari strategi ini adalah proses pemikiran pemelajar itu sendiri. Strategi kognitif membantu mengelola belajar mereka serta ingatan dan pemikiran mereka. Dalam hal ini kaitannya dengan permasalahan diatas yaitu mungkin saja sebahagian besar mahasiswa tidak mampu merespon atau tidak tahu bagaimana harus merepon informasi tersebut sehingga dikarenakan ketidaktahuan mahasiswa bagaimana harus merespon informasi tersebut mengakibatkan mahasiswa lebih memilih untuk tidak merespon postingan tersebut.

2.      Teori Piaget
untuk memahami gagasan tentang belajar yang memadai, kita pertama-tama harus menjelaskan bagaimana individu bias mengonstruksi dan menciptakan, bukan hanya bagaimana dia mengulangi dan meniru (Piaget, 1970b)”.
Tujuan dari karya Piaget adalah menemukan karakteristik logika ilmiah-logika bertindak, berbicara, berpikir dalam berbagai macam bentuk. Berdasarkan dari tujuan Piaget tersebut, ada juga hubungannya dengan permasalahan diatas dimana mungkin saja sebahagian besar mahasiswa tidak menggunakan cara berpikirnya atau belum menemukan pemikiran yang baik untuk dituangkan atau untuk memberikan informasi yang didapat sehingga mahasiswa-mahasiswa tersebut tidak merespon postingan yang berhubungan dengan rencana melakukan observasi dilapangan.

3.      Teori Bandura
Asumsi dasar dari teori kognitif social adalah bahwa observasi dan proses pengambilan keputusan adalah mekanisme kunci dalam perolehan perilaku prososial dan antisocial. Secara spesifik kesadaran fungsional melibatkan pengaksesan dan pemrosesan informasi secara sadar untuk memilih, mengkonstruksi, dan mengevaluasi jalan tindakannya. Dalam hal ini, sehubungan dengan permasalahan diaatas yang berhubungan degan Mengapa mahasiswa sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan, hal ini mungkin saja dikarenakan karena sebahagian mahasiswa tidak melakukan akses ke facebook sehingga mahasiswa tidak memberikan informasi mengenai rencana tersebut. 

sumber :
Gredler, Margareth E. 2011. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi, Ed. 6, Cet. 1. Jakarta: Prenada Group.

Template by:

Free Blog Templates